Minggu, 11 Maret 2012

Komunikasi Pemasaran: Saluran dan Alat Promosi

"Komunikasi pemasaran merupakan sarana dengan mana perusahaan mencoba untuk menginformasikan, pesuade, dan mengingatkan konsumen - secara langsung atau tidak langsung -. Tentang produk dan merek yang mereka jual" (Kotler dan Kellter)

Saluran komunikasi pribadi dan nonpersonal dapat digunakan untuk komunikasi pemasaran. Dalam keduanya ada banyak sub-kanal. Para komunikasi pemasaran campuran sekarang dianggap sebagai terdiri enam mode besar atau jenis alternatif komunikasi.
1. Iklan
2. Promosi penjualan
3. Peristiwa dan pengalaman
4. Hubungan masyarakat dan publisitas
5. Pemasaran langsung
6. Personal selling

PRIBADI SALURAN KOMUNIKASI

KOMUNIKASI PRIBADI ADALAH KOMUNIKASI ANTARA DUA ATAU LEBIH ORANG DENGAN KOMUNIKASI ORANG TERTENTU DENGAN ORANG LAIN. PESAN TERSEBUT BERASAL DARI ORANG TERTENTU. HAL INI DAPAT DILAKUKAN TATAP MUKA, ATAU DENGAN SESEORANG UNTUK PENONTON, MELALUI TELEPON, ATAU MELALUI POS ATAU KURIR ATAU MELALUI EMAIL ATAU MELALUI PESAN MOBILE.

KOMUNIKASI PRIBADI DALAM HAL PEMASARAN JUGA DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI KOMUNIKASI DARI KONTAK ADVOKAT, AHLI DAN SOSIAL. KOMUNIKASI TENAGA PENJUALAN PERUSAHAAN 'KEPADA PELANGGAN ADALAH KOMUNIKASI DARI PARA PENDUKUNG PRODUK.


Seorang ahli independen berkomunikasi dengan calon pembeli tentang manfaat produk diklasifikasikan sebagai pakar komunikasi. Seorang tetangga mengatakan hal-hal baik tentang merek adalah saluran komunikasi sosial.

Perusahaan mengambil berbagai langkah untuk merangsang komunikasi pribadi tentang produk dan merek.

1. Mereka mengidentifikasi individu berpengaruh dan mencurahkan usaha ekstra pada mereka.
2. Buat pemimpin opini dengan menyediakan pemimpin opini mungkin dengan produk pada istilah menarik.
3. Gunakan orang berpengaruh atau dipercaya dalam iklan testimonial.
4. Mengembangkan firman publisitas mulut dengan meminta klien puas untuk mempromosikan produk mereka di antara teman-teman mereka.
5. Menetapkan kelompok diskusi online dan masyarakat

NONPERSONAL SALURAN KOMUNIKASI


Mereka termasuk media, atmosfer, dan acara.

Saluran media termasuk media cetak (koran, majalah, souvenir, prosiding konferensi), media penyiaran (radio, televisi), media display (billboard, tanda, poster) dan media elektronik (rekaman suara, rekaman video, videodisk, CD-ROM).

Suasana inilah yang membuat perusahaan-perusahaan di lingkungan kantor mereka. Interior kantor dan eksterior memiliki makna kepada pembeli potensial.

Peristiwa adalah kejadian yang dirancang untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada sasaran atau khalayak. Perusahaan diatur konferensi berita, upacara pembukaan dari berbagai jenis, dan sponsor dari berbagai acara berada di bawah saluran peristiwa komunikasi.

Komunikasi melalui media massa merangsang saluran komunikasi pribadi.

PARA PROMOSI ALAT


Karakteristik alat promosi berbagai adalah sebagai berikut:

Iklan


Iklan adalah mode publik komunikasi. Karena dikomunikasikan secara bersamaan untuk sejumlah besar orang dan orang tahu bahwa komunikasi yang sama akan banyak orang, mereka merasa motif mereka untuk membeli dipahami oleh pengiklan.

Pesan iklan dapat diulang beberapa kali. Pembeli juga dapat membandingkan iklan dari berbagai perusahaan menjual produk yang sama. Media menawarkan fasilitas untuk menambah warna, dll suara ke pesan dan mendramatisir pesan. Tapi iklan tidak dapat berdialog dengan rakyat. Orang mungkin tidak melihat dan memperhatikan iklan.

Iklan merupakan cara yang efisien untuk mencapai pembeli potensial secara geografis dengan biaya rendah per eksposur.

Iklan memiliki dua varian terakhir. Advertorial yang menawarkan isi editorial dan sementara itu dibayar oleh pengiklan dan akan sulit bagi pembaca untuk dengan mudah melihat bahwa itu adalah iklan. Demikian pula infomersial TV adalah program yang dimaksudkan untuk mempromosikan produk perusahaan. Mereka membahas kerja produk, manfaat produk, dan lain-lain pengalaman pengguna dan mereka mungkin balok pesan untuk membeli produk dan alamat untuk dihubungi.

Promosi penjualan


Promosi penjualan alat-alat seperti kupon, kontes, premi, dan bertindak seperti sebagai media komunikasi dan juga mempromosikan penjualan.

Mereka mendapatkan perhatian dan memberikan informasi yang dapat menyebabkan konsumen untuk produk. Mereka termasuk undangan yang berbeda kepada konsumen untuk melakukan transaksi dalam waktu singkat.

Hubungan masyarakat dan publisitas


Artikel berita dan artikel fitur lebih otentik dan kredibel dari iklan untuk pembaca. Artikel-artikel bertindak sebagai testimonial. Pesan tersebut akan sampai ke pembeli potensial sebagai berita dan mereka tidak mungkin berpaling darinya karena mereka berpaling dari iklan.

Personal selling


Personal selling sebagai saluran komunikatif melibatkan hubungan hidup, langsung, dan interaktif antara orang. Personal selling menyebabkan hubungan. Pendengar merasa berkewajiban untuk menanggapi salesman setidaknya dengan sopan "terima kasih."

Pemasaran Langsung


Alternatif adalah surat langsung, Email, dan telemarketing. Dalam kasus ini pesan ditujukan kepada orang tertentu. Pesan tersebut dapat disesuaikan. Meskipun mailing folder dan email biasanya standar untuk mendapatkan efisiensi. Pesan bisa up to date. Dalam kasus telemarketing, pesan dapat diubah tergantung pada respon. Dalam kasus alternatif lain komunikasi selanjutnya dapat diubah tergantung pada respon.